Bahrawi (2020) Analisis faktor yang memengaruhi preferensi gaya kognitif pola belajar saat memanfaatkan perangkat teknologi. Jurnal Pekommas, 5 (1): 4. pp. 31-38. ISSN 2502-1893
Jurnal Pekommas_Bahrawi_Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Makassar.pdf
Download (534kB) | Preview
Abstract
Gaya kognitif belajar seseorang berbeda-beda. Mengidentifikasi gaya belajar seseorang sejak awal,dinilai mampu menambah efektifitas dalam proses belajar, bahkan pada beberapa penelitian menyampaikan bahwa gaya belajar dapat meningkatkan prestasi. Dalam proses belajar setiap orang memiliki berbagai macam cara, ada yang belajar dengan cara mendengarkan, ada yang belajar dengan membaca, serta belajar dengan cara menemukan. Penelitian ini ingin mengetahui prediksi seberapa besar pengaruh faktor-faktor (frekuensi lamanya ber internet, banyaknya group instant messaging (IM) yang diikuti, serta jenis kelamin) terhadap pilihan gaya belajar seseorang saat memanfaatkan teknologi seperti komputer/laptop atau pun smart phone.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Logistik Multinomial. Hasil penelitian menunjukkan, semakin banyak group IM yang diikuti maka cenderung seseorang tersebut menggunakan pola“berkomunikasi” saat belajar. Temuan lainnya adalah semakin sering seseorang menggunakan internet maka pola yang digunakan orang tersebut saat belajar adalah cenderung menggunakan pola “pencarian informasi”.Dengan mengetahui lebih dini gaya belajar seseorang, maka dapat dirancang strategi belajar yang lebih efisien dan efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis faktor; gaya kognitif belajar; regresi logistik multinominal; tingkat penggunaan internet |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Yayan Sofyan |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 04:21 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 04:21 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14209 |