Evaluasi data pemantauan sistem tata udara instalasi pengelolaan limbah radioaktif

Arifin Istavara, Arifin Istavara and Harwata, Harwata (2016) Evaluasi data pemantauan sistem tata udara instalasi pengelolaan limbah radioaktif. In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2015, 25-26 April 2016, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Arifin3_PTLR_2015.pdf] Text
Prosiding_Arifin3_PTLR_2015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengoperasian sistem tata udara (VAC-Off Gas) di Instalasi Pengolahan Limbah Radioaktif (IPLR) bertujuan menjaga agar ruangan dan alat berada dalam keadaan hampa parsial terhadap tekanan udara luar (negative pressure) dan diperolehnya pembaharuan udara ruangan melalui peniupan dan penarikan udara dari ruangan. Hampa parsial ini mencegah penyebaran kontaminasi udara dari ruangan pengolahan limbah keluar. Sistem tata udara dipantau dengan pengukuran parameter operasi. Hasil kegiatan tahun 2015 diperoleh daerah tipe A rata-rata 23,13 °C, daearah tipe B dibawah 23.75 °C dan daerah tipe C dibawah 24.21 ®c. Nilai kelembaban relatif memenuhi stadar yaitu daerah tipe A rata-rata 42.57%, tipe B rata-rata 49.76% dan tipe C rata-rata 53.05%. Tekanan negatif sesuai standar yang dipersyaratkan pada masing-masing zona, Pressure drop dari HEP A filter yang digunakan selama satu tahun rata - rata dibawah 105 daPa pada daerah 2 dan daerah 3, dibawah 90 daPa pada daerah 4.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Tata udara, Suhu, Kelembaban, Tekanan, HEP A filter
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:35
Last Modified: 05 Jan 2023 07:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item
View Item