Evaluasi hasil analisis radioaktivitas air pendingin di fasilitas KH-IPSB

Darmawan Aji and Titik Sundari (2016) Evaluasi hasil analisis radioaktivitas air pendingin di fasilitas KH-IPSB. In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2015, 25-26 April 2016, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Darmawan_PTLR_2015.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Darmawan_PTLR_2015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini ada 245 bahan bakar nuklir bekas disimpan dengan tipe basah di fasilitas Kanal Hubung Instalasi Penyimpanan Sementara Bahan Bakar Bekas (KH-IPSB3). Kolam penyimpanan digunakan untuk menyimpan sementara bahan bakar nuklir bekas dari Reaktor Serba Guna GA. Siwabessy, sedangkan kanal hubung digunakan untuk transfer bahan bakar nuklir bekas maupun material teriradiasi lain dari IRM dan IPR (PT. INUKI). Kolam dan kanal berisi air pending in yang berfungsi untuk menahan radionuklida dari BBNB tidak terlepas ke lingkungan. Kualitas air kolam dijaga dengan mengoperasikan sistem purifikasi/pemumian air dengan resin penukar ion. Pengambilan sampel air pendingin di kolam dan kanal dilakukan dengan mengoperasikan sistem purifikasi air kolam dan kana!. Analisis radioaktivitas air kolam dan kanal tahun 20l5dilakukan menggunakan spektrometri gamma (multy channel analyzer). Dari hasil analisis radioaktivitas air kanal dan kolam didapatkan radionuklida Cs-137 dengan konsentrasi sebesar 4,00xlO-7 μCi/ml nilai tersebut lebih rendah dari Konten Radioaktivitas Tertinggi/LPHRC (7xl02 Bq/L atau 1,89IxlO-S μCi/ml). Sedangkan untuk radionuklida dengan waktu paro sangat singkat, Sb-124 dan J-133 terdeteksi ada yang lebih rendah dari LPHRC tapi ada juga lebih tinggi dari LPHRC (7x102 Bq/L atau 1,89lxlO-S μCi/ml). Konsentrasi tertinggi untuk Sb-124 yaitu 7,26xlO-S μCi/ml, sedangkan untuk J-133 adalah 5,47xlO-4 μCi/m!. Kontaminan tersebut selanjutnya ditangkap dengan menggunakan sistem purifikasi/pemurnian air. Hasil analisis tidak menunjukkan adanya kontaminasi dari aktivasi produk korosi seperti Zn-65, Co-60, dan Mn-54. Berdasarkan evaluasi dan analisis tingkat kontaminasi dapat disimpulkan bahwa pengoperasian fasilitas KH-IPSB3 dalam kondisi baik dan aman sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: hadi
Uncontrolled Keywords: Bahan bakar nuklir bekas, KH-IPSB3, Analisis radioaktivitas, Air pendingin
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:16
Last Modified: 05 Jan 2023 08:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14188

Actions (login required)

View Item
View Item