Marvin, Chandra Wijaya (2019) Dampak penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada komunikasi pengajar dan siswa di Bandung. Jurnal Pekommas, 4 (1): 5. pp. 53-60. ISSN 2502-1893
Jurnal Pekommas_Marvin Chandra Wijaya_Universitas Kristen Maranatha.pdf
Download (573kB) | Preview
Abstract
Komunikasi antara pengajar dan siswa saat ini masih banyak menggunakan sistem konvensional.Dengan kemajuan teknologi komputer terutama dalam bidang multimedia dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif. Multimedia yang dibuat merupakan sebuah film interaktif yang dapat dikendalikan oleh pengguna/penonton. Film interaktif yang dibuat berguna untuk mempelajari bagian-bagian komponen dasar dalam sebuah personal komputer. Film interaktif dimulai dengan tampilan dasar dari suatu personal komputer. Lalu gambar-gambar dalam film interaktif dapat dipilih oleh pengguna/ penonton untuk memilih bagian yang hendak dipelajarinya.Cara penjelasan tentang komponen komponen dasar komputer dapat dibuat interaktif dan menarik lebih disukai oleh banyak orang. Untuk membuat suatu presentasi multimedia dapat digunakan suatu bahasa markup, yang disebut SMIL (Syncronized Multimedia Integration Language). SMIL merupakan rekomendasi dari World Wide Web Consortium (www.w3c.org). SMIL merupakan bahasa markup sama seperti HTML dan merupakan varian dari XML. Dari hasil penerapan dibeberapa sekolah dan universitas di kota Bandung, menghasilkan hasil yang positif. Motivasi dari siswa untuk menyimak bahan pelajaran yang diberikan meningkat, hal ini membuat tingkat penyerapan dari bahan pelajaran yang diuji cobakan dengan memberikan soal-soal tes membuat nilai siswa menjadi meningkat
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Film interaktif, Pembelajaran berbasis multimedia, SMIL |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Yayan Sofyan |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 12:21 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 12:21 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14169 |