Clickbait di media online Indonesia

Yayat D., Hadiyat (2019) Clickbait di media online Indonesia. Jurnal Pekommas, 4 (1): 1. pp. 1-10. ISSN 2502-1893

[thumbnail of Jurnal Pekomas_Yayat D.Hadiyat_Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar.pdf]
Preview
Text
Jurnal Pekomas_Yayat D.Hadiyat_Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) membawa perubahan di berbagai bidang termasuk memengaruhi lanskap media dengan berkembangnya media online dan cara masyarakat mengonsumsi media secara online. Perubahan ini membuat media harus mampu menarik pembaca media online dengan salah satu cara, yaitu penggunaan judul artikel clickbait. Untuk itu, penelitian inibertujuan mengetahui bagaimana cara media online mengemas judul-judul artikel yang mengandung clickbait. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan objek penelitian, judul-judul di media online Indonesia yang dipilih berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yang sesuai dengan masalah penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa secara umum, penggunaan judul artikel clickbait banyak digunakan oleh media-media online untuk menarik minat pembaca dengan mengusik rasa penasaran yang timbul akibat adanya kesenjangan informasi antara apa yang pembaca ketahui dan apa yang ingin pembaca ketahui. Judul artikel clickbait banyak yang fokus pada subjek selebritas, rumor,dan akun fiktif bahkan ada yang tidak memiliki nilai berita sama sekali. Tujuan utama penggunaan judul artikel clickbait adalah mengarahkan agar kunjungan pengguna media online semakin meningkat sehingga pendapatan melalui iklan pun meningkat.

Item Type: Article
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Computers, Control & Information Theory > Information Theory
Depositing User: - Yayan Sofyan
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:17
Last Modified: 04 Jan 2023 02:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14164

Actions (login required)

View Item
View Item