Daris Zunaida (2018) Identifikasi kecenderungan persepsi investasi sebagai respon isu investasi bodong pada mahasiswa di Malang. Jurnal Pekommas, 3 (1): 6. pp. 53-62. ISSN 2502-1893
Jurnal Pekomas_Daris Zunaida_Universitas Islam Malang.pdf
Download (248kB) | Preview
Abstract
Isu merupakan pangkal dari pembentukan persepsi karena seringkali isu yang berkembang berpengaruh pada persepsi seseorang. Isu negatif tentang penipuan berkedok investasi tentu saja akan berpengaruh besar pada pembentukan persepsi investasi. Mahasiswa merupakan kelompok yang mudah menerima isu lewat interaksi yang intensif dengan media komunikasi sehingga mahasiswa merupakan kelompok yang cukup dinamis dalam pembentukan persepsi investasi.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecenderungan gender mahasiswa dalam pembentukan persepsi investasi dan untuk menganalisis pengaruh isu negatif tentang penipuan berkedok investasi pada pembentukan persepsi investasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei pada 318 orang mahasiswa di kota Malang. Penelitian dilakukan saat terjadi banyak isu negatif seputar penipuan berkedok investasi pada 2017.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi investasi masih cukup rendah yaitu skor rata-rata adalah 5, 58 atau 55,8 % dari skor maksimal. Rata-rata persepsi investasi perempuan lebih tinggi dari laki-laki yaitu 5,7.Skor persepsi investasi laki-laki lebih rendah yaitu sebesar 5,36. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan lebih tertarik untuk melakukan investasi dibandingkan laki-laki.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gender, Investasi, Isu, Persepsi |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Economics and Business Economics and Business > Foreign Business & Economics |
Depositing User: | - Yayan Sofyan |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 01:00 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 03:30 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14133 |