Unjuk kerja sistem purifikasi air pendingin kanal hubung - instalsi penyimpanan sement ara bahan bakar bekas (KH-IPSB3)

Arifin, Arifin and Titik, Sundari (2017) Unjuk kerja sistem purifikasi air pendingin kanal hubung - instalsi penyimpanan sement ara bahan bakar bekas (KH-IPSB3). In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2016, 25-26 April 2017, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Arifin1_PTLR_2016.pdf] Text
Prosiding_Arifin1_PTLR_2016.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fasilitas kanal hubung instalasi penyimpanan sementara bahan bakar bekas (KH-IPSB3) digunakan untuk menyimpan sementara bahan bakar nuklir bekas di dalam suatu kolam yang berisi air pendingin. Dalam mempertahankan kualitas air pendingin sesuai dengan batas kondisi operasi normal, dilakukan pengoperasian sistem purifikasi air pendingin. Sistem purifikasi air pendingin di fasilitas KH-IPSB3 berfungsi untuk membersihkan kotoran dan ion-ion kontaminasi seperti Cesium di dalam air pendingin serta untuk menurunkan konduktivitas air pendingin. Pengoperasian sistem purifikasi air pendingin dapat dilakukan secara automatis melalui human machine interface pada komputer. Prinsip kerja sistem ini yaitu zat terlarut dalam air pendingin di filter dengan pre-filter dan Cartridge filter. Ion-ion ditangkap dengan cara pertukaran ion dalam kolom cesium filter dan mixed bed filter bahan baku resin sehingga akan menurunkan konduktivitas dan aktivitas air pendingin.Selama kegiatan operasi purifikasi pada tahun 2016 Hasil dari kegiatan didapatkan data: konduktivitas air kolam yang masuk sistem purifikasi paling tinggi 2,59 μS/cm dan keluar sistem purifikasi 1,20 μS/cm, sedangkan yang paling rendah konduktivitas yang masuk 1,40 μS/cm dan yang keluar 1,08 μS/cm artinya resin di kolom mixed bed resin masih bisa berfungsi/bekerja dengan baik dan air pendingin yang kembali ke kolam masih memenuhi syarat batas BKO yaitu ≤8 μS/cm.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sistem Purifikasi air pendingin, Operasi kanal hubung penyimpanan bahan bakar bekas.
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:44
Last Modified: 30 Dec 2022 07:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14090

Actions (login required)

View Item
View Item