Pemeriksaan pasca iradisi elemen bakar triga mark II bandung di dalam hot cell

J.B, Harsubeno and Sumantono, Kasan and Moch, Faruq and Karsono, L (1986) Pemeriksaan pasca iradisi elemen bakar triga mark II bandung di dalam hot cell. In: Prosiding Seminar Teknologi Reaktor dan Pusat Listrik Tenaga Nuklir, PPIN-BATAN Bandung, 1986, 2-4 September 1986, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Hersubeno_PSTNT_1986.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Hersubeno_PSTNT_1986.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pemeriksaan pasca iradiasi terhadap elemen bakar reaktor adalah suatu hal yang penting sebagai salah satu parameter keselamatan reaktor. Telah dilakukan pemeriksaan pada elemen bakar TRIGA MARK II Bandung, terhadap elemen bakar bekas pakai dan yang sedang digunakan. Pada elemen bakar bekas pakai dilakukan pengamatan visual, analisis elemen radiometrik dari cuplikan permukaan. Terhadap elemen bakar yang sedang digunakan dilakukan analisis radiometrik secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis yang dilakukan terhadap cuplikan permukaan sumbat aluminium. Hasil analisis radiometrik dari unsur permukaan elemen bakar yang berwarna "reddish brown" mengandung unsur penyusun kelongsong.Demikian juga peda permukaan NSF. Tidak diketemukan radionuklide yang berasal dari produk fisi.Tampak gejala korosi peda permukaan elemen bakar baik yang bekas pakai maupun yang sedang digunakan.Karena itu perlu dilakukan pengamatan terhadap mekanisme dan laju korosi kelongsong elemen bakar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Karakterisasi Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Karakterisasi Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
IPTEK > BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 23 Dec 2022 06:20
Last Modified: 23 Dec 2022 06:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item
View Item