Keefektifan teknik tes menggunakan media literasi digital dalam kuliah bahasa Indonesia terhadap mahasiswa baru

Adib, Alfalah and Evia, Firnadia and Jendriadi, Jendriadi (2022) Keefektifan teknik tes menggunakan media literasi digital dalam kuliah bahasa Indonesia terhadap mahasiswa baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 1 (5): 13. pp. 693-700. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_Adib Alfalah_UIN Sultan Syarif Kasim Riau_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Adib Alfalah_UIN Sultan Syarif Kasim Riau_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kuliah Bahasa Indonesia menggunakan teknik tes manual bermedia konvesional, mendeskripsikan hasil kuliah Bahasa Indonesia menggunakan teknik tes kahoot bermedia literasi digital, dan mendeskripsikan efektivitas teknik tes kahoot bermedia literasi digital dalam kuliah bahasa Indonesia bagi mahasiswa baru. Penelitian dilaksanakan di Program Studi PGPAUD-A sebagai kelompok kontrol dan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Riau sebagai kelompok perlakuan. Instrumen penelitian mencakup tes kahoot berjumlah 25 item. Teknik tes secara manual dan media konvensional digunakan di kelompok kontrol sedangkan teknik tes aplikasi kahoot dan media literasi digital digunakan di kelompok perlakuan. Pemilihan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional ditetapkan sebagai kelompok perlakuan karena kelompok memiliki tingkat intake yang relatif rumit dibandingkan dengan Prodi PGPAUD-A. Uji t satu sampel dipakai untuk menganalisis masalah yang berkaitan dengan tujuan pertama dan tujuan kedua. Uji t sampel independen dipakai untuk menganalisis data penelitian untuk menemukan solusi yang berkaitan dengan tujuan ketiga. Semua pengujian statistik inferensial parametrik ini menggunakan aplikasi SPSS. Ho diterima untuk uji t satu sampel untuk kelompok kontrol dengan nilai pembanding relatif kecil. Ho juga diterima untuk uji t satu sampel pada kelompok perlakuan tetapi dengan nilai pembanding relatif besar. Teknik tes kahoot dan penggunaan media literasi digital efektif dipakai dalam perkuliahan Bahasa Indonesia walau untuk kelas relatif besar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keefektifan teknik tes, Media literasi digital, Kuliah bahasa Indonesia, Mahasiswa baru
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:59
Last Modified: 16 Dec 2022 03:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13893

Actions (login required)

View Item
View Item