Kedidaktisan cerita rakyat "tupai dan buaya" menurut interpretasi mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Oki, Rasdana and Sawawee, Padaameen and Legi, Elfitra and Nik, Rakib Nik Hassan (2022) Kedidaktisan cerita rakyat "tupai dan buaya" menurut interpretasi mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 1 (5): 11. pp. 677-684. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_Oki Rasdana_Universitas Riau_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Oki Rasdana_Universitas Riau_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedidaktisan cerita rakyat ‘Tupai dan Buaya’ berbasis interpretasi mahasiswa. Penelitian deskriptif ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau. Waktu penelitian berlangsung di semester ganjil tahun akademis 2022/2023. Populasi penelitian ini berjumlah 248 mahasiswa; 80 mahasiswa semester I, 79 mahasiswa semester III, dan 78 mahasiswa semester yang mengisi dan submit di google form. Sampel ditetapkan sebanyak 120 mahasiswa yang ditarik secara random sederhana tanpa pengembalian dari setiap kelompok populasi. Instrumen berbentuk kuesioner menggunakan skala Likert yang memenuhi syarat validitas isi. Data penelitian dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif menggunakan prinsip frekuensi, persen, dan modus melalui skala nilai 1-4. Nilai 1 bermakna mahasiswa sangat tidak setuju dengan nilai didaktis cerita rakyat, nilai 2 bermakna mahasiswa tidak setuju dengan nilai didaktis cerita rakyat, nilai 3 bermakna mahasiswa setuju dengan nilai didaktis cerita rakyat, dan nilai 4 bermakna mahasiswa sangat setuju dengan nilai didaktis cerita rakyat. Modus didaktis-1 bernilai 3 yakni setuju (tidak berbeda berdasarkan kelompok mahasiswa). Modus didaktis-2 bernilai 3 yakni setuju (). Modus didaktis-3 bernilai 2 yakni tidak setuju (tidak berbeda berdasarkan kelompok mahasiswa). Modus didaktis4 bernilai 3 yakni sangat setuju (tidak berbeda berdasarkan kelompok mahasiswa).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kedidaktisan, Cerita rakyat, Tupai dan buaya, Interpretasi mahasiswa
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:37
Last Modified: 16 Dec 2022 04:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13888

Actions (login required)

View Item
View Item