Hubungan antara keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dan keterampilan membaca teks prosedur

Refni, Yanti and Sumi, Harti (2022) Hubungan antara keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dan keterampilan membaca teks prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 1 (5): 9. pp. 661-668. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_Refni Yanti_SMAN 15 Pekanbaru_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Refni Yanti_SMAN 15 Pekanbaru_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketermpilan membaca teks laporan hasil observasi, mendeskripsikan keterampilan membaca teks prosedur, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dan keterampilan membaca teks prosedur. Penelitian berlangsung di awal semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di kelas XI SMA Negeri 15 Pekanbaru. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 32 siswa. Dari jumlah ini ditarik sampel secara random tanpa pengembalian sebanyak 30 siswa. Penetapan jumlah sampel mengikuti prinsip yang dikembangkan oleh Slavin. Instrumen penelitian ini adalah tes keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dan tes keterampilan membaca teks prosedur. Semua tes berbentuk pilihan ganda yang memenuhi syarat validitas isi. Data dianalisis menggunakan prosedur uji t satu sampel guna mencapai tujuan pertama dan tujuan kedua. Analisis data juga menggunakan uji korelasi r product-moment guna mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dan keterampilan membaca teks prosedur. Semua penghitungan menggunakan SPSS.Mean pembanding keterampilan membaca teks laporan hasil observasi 7 atau 70,00; Ho uji t satu sampel diterima karena nilai sig. 00 > 0,05. Mean pembanding keterampilan membaca teks prosedur 7 atau 70,00; Ho uji t satu sampel diterima karena nilai sig. 00 > 0,05. Nilai r korelasi sebesar 0,528 yang bermakna bahwa antara keterampilan membaca teks laporan hasil observasi dan keterampilan membaca teks prosedur memiliki derjad hubungan sedang.
Kata Kunci:

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Keterampilan membaca, Teks laporan hasil observasi, Teks prosedur
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:04
Last Modified: 16 Dec 2022 03:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13870

Actions (login required)

View Item
View Item