Makmun, Hidayat (2022) Improving students' spatial thinking ability by applying the "blended learning-rigorous mathematical thinking" model in learning. 12 Waiheru, 8 (1): 13. pp. 104-113. ISSN 2477-135X
Jurnal_Makmun Hidayat_Balai Diklat Keagamaan Surabaya_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (368kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir spasial siswa berkaitan dengan objek Geometri pada mapel Matematika setelah diterapkan model Blended learning-rigorous mathematical thinking. Peningkatan kemampuan berpikir spasial ini dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan matematika dan masalah lainnya dalam kehidupan sehari-hari.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menerapkan Control Group Pretest-Posttest Design. Data yang dianalisis berupa nilai hasil belajar siswa berkaitan dengan kemampuan berpikir spasial setelah diterapkan model BL-RMT. Data hasil penelitian dianalisis dengan mengkombinasikan antara Uji N-Gain dan Uji-t. Hasil penelitian menyatakan bahwa kelas yang menerapkan model BL-RMT menunjukkan peningkatan KBSp sebesar 0,477 dengan kategori N-Gain sedang. Kelas yang tidak diberikan perlakuan menunjukkan peningkatan KBSp sebesar 0,252 dengan kategori N-Gain rendah. Selanjutnya, berdasarkan hasil t-test pada nilai postes KBSp sebesar 4,319 dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model BL-RMT dapat meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir spasial, Model BL-RMT |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 03:38 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 03:38 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13839 |