The comparison of crossword puzzles and chemopoly learning media on students’cognitive learning results in the hydrocarbon concept

Riana, Antika Amahoroe (2022) The comparison of crossword puzzles and chemopoly learning media on students’cognitive learning results in the hydrocarbon concept. 12 Waiheru, 8 (1): 11. pp. 86-94. ISSN 2477-135X

[thumbnail of Jurnal_Riana Antika Amahoroe_Balai Diklat Keagamaan Ambon_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Riana Antika Amahoroe_Balai Diklat Keagamaan Ambon_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT)dengan menggunakan media games pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran kimia yang berjalan membosankan dan satu arah, yaitu dari guru saja. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Teka-teki Silang (TTS) dan Chemopoly terhadap hasil belajar siswa konsep hidrokarbon. Desain penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh kedua media adalah pre experimental design. Pada Kelas Eksperimen I diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi dengan TTS, sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi dengan Chemopoly diimplementasikan pada Kelas Eksperimen II. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes siswa dan analisa data menggunakan uji t tidak berpasangan. Penerapan media TTS dengan model pembelajaran TGT pada Kelas Eksperimen I menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dari kelas Eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media Chemopoly.Kualifikasi data hasil tingkat penguasaan siswa pada kelas Eksperimen I adalah kualifikasi sangat baik sebanyak 10 siswa (38,46%), 16 siswa (61,54%) dengan kualifikasi baik.Sedangkan pada kelas Eksperimen II terdapat 5 siswa (19,23%) berkualifikasi sangat baik, 18 siswa (69,23%) berkualifikasi baik, 3 siswa (11,54%) b berkualifikasi cukup.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Chemopoly, Teka-teki silang (TTS), Hasil belajar siswa
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:26
Last Modified: 19 Dec 2022 03:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13835

Actions (login required)

View Item
View Item