Pengelolaan media sosial di TVRI Sumatera Selatan pada era new media

Aprilina, Dwi Astuti Pengelolaan media sosial di TVRI Sumatera Selatan pada era new media. Jurnal Ilmiah Teknik Studio, 5 (1): 2. pp. 15-32. ISSN 2460-9153

[thumbnail of 5_1_2020_15-32_2460-9153-2.pdf]
Preview
Text
5_1_2020_15-32_2460-9153-2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehadiran new media telah memperluas konsep penyiaran melalui jaringan internet sehingga menjadikan proses penyiaran bersifat interaktif. Khalayak mempunyai kesempatan untuk melakukan interaksi dengan penyelenggara siaran melalui berbagai macam platform media sosial. TVRI Sumatera Selatan sebagai salah satu stasiun televisi pemerintah telah memanfaatkan media sosial untuk menjalin komunikasi dengan khalayak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan media sosial di TVRI Sumatera Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial di TVRI Sumatera Selatan dikelola berdasarkan Nota Dinas No. 208/II.5/TVRI/2019 perihal Penunjukan Petugas Pengelola Media Sosial. Pengelola melakukan pembaharuan konten setiap hari dengan rata-rata konten yang diposting berkisar 1 sampai dengan 4 konten. Konten yang diposting meliputi promo siaran dan agenda kegiatan yang dilakukan TVRI Sumatera Selatan. Tingkat Respon khalayak terhadap media social TVRI Sumatra Selatan berupa like dan komentar pada akun media social periode bulan Agustus 2019 sangat rendah kurang dari 1 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa minat khalayak pengguna untuk melakukan interaksi melalui media sosial sangat rendah, hal ini berkaitan dengan konten-konten yang diunggah pada laman media sosial kurang menarik dan lebih fokus pada kegiatan-kegiatan seremonial yang dilakukan oleh jajaran manajemen yang kurang berkaitan dengan kepentingan khalayak. Rekomendasi hasil penelitian untuk TVRI Sumatera
Selatan yaitu untuk melakukan perubahan pengelolaan media sosial sebagai divisi tersendiri, sehingga para pengelola dapat berkonsentrasi penuh untuk menangani promo-promo siaran melalui akun media sosial.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan media sosial; TVRI Sumatera Selatan; Era new media
Subjects: Communication > Radio & Television Equipment
Depositing User: DR Saiful Anwar
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:55
Last Modified: 20 Dec 2022 07:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13814

Actions (login required)

View Item
View Item