Zainal, Bakri and Dinn, Wahyudin (2022) Use of the tabaraq method in early childhood education. 12 Waiheru, 8 (1): 5. pp. 36-44. ISSN 2477-135X
Jurnal_Zainal Bakri_Universitas Pendidikan Indonesia_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (410kB) | Preview
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu hal krusial yang harus diperhatikan oleh guru dan orang tua. Masa ini merupakan masa keemasan anak yang dapat menjadi penentu masa depan mereka. Keberhasilan pendidikan pada anak usia dini dapat menjadi titik awal yang baik bagi anak dalam menentukan minat dan arah mereka kedepannya. Namun, terkadang orang-orang menganggap PAUD hanyalah sebatas bermain, tanpa memprioritaskan pembelajaran pada anak. Salah satu terobosan yang cukup menarik adalah adanya metode tabaraq pada anak usia dini. Metode ini merupakan cara menghafal Al-Quran yang dapat diterapkan pada anak usia dini. Salah satu sekolah yang menggunakan metode tabaraq adalah Sekolah PAUD AZ Tabaraq yang merupakan lokasi penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tujuannya adalah untuk mengetahui penggunaan metode tabaraq dalam pembelajaran. Dengan melakukan observasi dan wawancara, diperoleh hasil bahwa AZ Tabaraq melaksanakan program tabaraq class level 1 yang dikhususkan pada balita, dengan rentang usia 3-5 tahun. Adapun tujuan program ini adalah agar anak hafal al-Qur’an juz 30 dan doa-doa harian. Dari pelaksanaan, metode, dan evaluasi yang digunakan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tabaraq cukup signifikan dalam membantu anak menghafal Al-Quran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode tabaraq, Pendidikan anak usia dini |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 07:58 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 07:58 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13801 |