Implementation of blended learning and its impact on trainees

Arsyil, Waritsman (2022) Implementation of blended learning and its impact on trainees. 12 Waiheru, 8 (1): 4. pp. 29-35. ISSN 2477-135X

[thumbnail of Jurnal_Arsyil Waritsman_Balai Diklat Keagamaan Ambon_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Arsyil Waritsman_Balai Diklat Keagamaan Ambon_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana blended learning diimplementasikan pada kegiatan Pelatihan; dan (2) bagaimana dampak dari implementasi blended learning. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review yang difokuskan pada beberapa tahapan yaitu perencanaan, peninjauan, pendokumentasian. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa artikel-artikel terkait implementasi blended learning dalam kegiatan pelatihan yang diterbitkan pada jurnal nasional dalam rentang waktu Tahun 2019 sampai 2022 di database google scholar dan neliti. Data dianalisis melalui beberapa tahapan antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa (1) dalam implementasi blended learning, digunakan beberapa platform belajar untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran di kegiatan pelatihan seperti zoom, webex, google meeting untuk tatap muka secara virtual, kemudian ditunjang pula dengan penggunaan learning management system (LMS) baik LMS berbasis Moodle, Edmodo, Google Classroom, Schoology serta penggunaan beberapa media online seperti youtube, kahoot dan (2) implementasi blended learning memiliki dampak yang positif seperti meningkatnya pemahaman peserta pelatihan baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan, kemudian dari segi afektif, peserta pelatihan menjadi lebih termotivasi untuk belajar, minat belajar semakin meningkat dan kemandirian belajar peserta pelatihan menjadi lebih meningkat.

Kata kunci:

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Blended learning, Dampak, Pelatihan
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:35
Last Modified: 19 Dec 2022 03:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13799

Actions (login required)

View Item
View Item