Pricilya, Margaretha Warwuru and Muktamar, Umakaapa (2022) Literasi digital video brain gym musik tradisional Merauke terhadap stimulus memori jangka pendek anak. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science (IJPESS), 2 (2): 6. pp. 104-108. ISSN 2775-765x
Jurnal_Pricilya Margaretha Warwuru_Universitas Musamus_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (133kB) | Preview
Abstract
Memori jangka pendek seseorang mempengaruhi minat belajar. Terapi brain gym metode serangkaian latihan berbasis gerakan tubuh sederhana untuk membantu meningkatkan daya ingat dan stimulus kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stimulus brain gym terhadap memori jangka pendek anak. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Design dengan sampel 20 anak didik di TK X Kabupaten Merauke, teknik pengumpulan sampel menggunakan Total Sampling. Analisis Univariat dan Bivariat menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Tingkat kemampuan memori jangka pendek sebelum dan sesudah dilakukan brain gym selama 1 minggu sebanyak 2 kali dengan durasi 20 menit, diperoleh tingkat signifikan p = 0,058 dimana p<a (a=0,05) dengan demikian Ha diterima yang berarti ada pengaruh brain gym terhadap memori jangka pendek anak. Brain Gym yang dilakukan dengan teknik yang benar akan mempengaruhi memori jangka pendek.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brain gym, Memory, Digital |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 02:59 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 02:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13753 |