Pemantauan kualitas air sungai cisalak dan air dalam bak kontrol

Yuli, Purwanto and Dwi Luhur, Ibnu S and Risdiyana, Setiawan and Andry, Setiawan (2020) Pemantauan kualitas air sungai cisalak dan air dalam bak kontrol. In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2019, 25-26 Agustus 2020, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Yuli P_PTLR_2020.pdf] Text
Prosiding_Yuli P_PTLR_2020.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pemanfaatan teknologi nuklir di Kawasan Nuklir Sepong (KNS) akan timbul etluan cair yang memiliki kandungan radioaktifitas di bawah ambang batas dari peraturan kepala BAPETEN. Parameter kimia perlu diukur untuk mengetahui kualitas air sungai Cisalak apakah masih am an dimanfaatkan oleh warga sekitar. Pengukuran kualitas air sungai Cisalakjuga menjadi data awal dalam kajian keselamatan fasilitas disposal yang rencananya akan dibangun di Kawasan Nuklir Serpong. Kegiatan ini adalah agenda rutin yang sudah berlangsung beberapa tahun yang dilakukan oleh Pusat Teknologi Limbah Radioaktif. Pengukuran kualitas air sungai Cisalak dilakukan dengan mengukur debit dan parameter kimia air seperti pH, TDS, ORP, dan salinitas. Hasil pengukuran kualitas air pada tahun 2019 menunjukkan nilai yang masih memenuhi kriteria air kelas IV, sehingga buangan etluen cair dari KNS tidak berdampak buruk terhadap kualitas air sungai dan masih layak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai air untuk pertanian dan perikanan. Dalam pengukuran kualitas air di bak kontrol nilai pH dan TDS masih memenuhi kriteria kelas IV, nilai pH dan ORP relatif naik pada musim penghujan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kualitas air, sungai Cisalak, bak kontrol
Subjects: Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Lingkungan > Analisis Mengenai Dampak Lingkungan
Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Lingkungan > Analisis Mengenai Dampak Lingkungan
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:35
Last Modified: 14 Dec 2022 04:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13728

Actions (login required)

View Item
View Item