Angga, Kusuma Dawami and Laurent, Zahra Assyafir and Zahra, Nisa Auliadst (2022) Perancangan desain kemasan pada UMKM Qyu sweet and savoury. Cipta, 1 (1): 4. pp. 35-46. ISSN 2962-7397
Cipta_Angga Kusuma Dawami_Universitas Indraprasta PGRI.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Snack menjadi kudapan yang tidak terpisahkan dalam pelbagai acara formal maupun infromal di Indonesia. Kemasan snack yang kemudian disebut sebagai snack box, memiliki ciri khassesuai identitas penyedia snack. Snack box menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam masyarakat urban. Salah satu UMKM penyedia snack dan catering yang berkembang saat ini adalah Qyu Sweet and Savoury. Produk-produk Qyu Sweet and Savoury memiliki produk andalan yang sudah teruji rasa dan ciri khasnya, yaitu Cheese & Chicken Risoles. Dua produk ini menjadi Unique Selling Position dalam brand Qyu Sweet and Savoury. Tulisan ini mendiskripsikan proses perancangan kemasan dengan menggunakan metode kualitatif, melalui pendekatan visual branding dari wilayah kemasan. Metode yang digunakan adalah metode penciptaan karya desain kemasan. Teknik pengumpulan data dalam perancangan ini melalui wawancara mendalam, studi komparasi produk, brain stroming, dan diakhiri tawaran perancangan kemasan. Hasil yang didapatkan adalah (1) key concept Qyu, yakni bersahabat dan praktis, maka desain untuk packaging dibuat sepraktis mungkin masih memberi kesan bersahabat; (2) warna yang digunakan mendekati warna-warna pastel yang sesuai dengan target marketnya; (3) pengembangan kemasan primer dan sekunder disesuaikan dengan target market yang telah dibidik oleh Qyu.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan, Desain kemasan, UMKM, Qyu sweet and savoury |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | - Yayan Sofyan |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 03:11 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 03:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13664 |