Pengaruh model project based learning berbasis edupreneurship terhadap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa

Reny Widyaningtyas (2022) Pengaruh model project based learning berbasis edupreneurship terhadap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa. Islamic Elementary Education Journal (IEEJ), 1 (1): 5. pp. 59-78. ISSN 2830-3792

[thumbnail of Jurnal_Reny_SD Negeri Petompon 02_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Reny_SD Negeri Petompon 02_2022.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh model project based learning berbasis edupreneurship terhadap rasa ingin tahu siswa dan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Kelas eksperimen menggunakan project based learning berbasis edupreneurship, sedangkan kelas kontrol menggunakan model project based learning. Subyek penelitian ini adalah 177 siswa dari Dabin V, Grabag, Magelang dengan teknik purposive sampling. Data sikap rasa ingin tahu dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model project based learning berbasis edupreneurship terhadap sikap rasa ingin tahu siswa yang ditunjukkan dengan nilai Independent t-test sig. 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak; (2) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning menurut edupreneurship terhadap hasil belajar IPA siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,860 > 0,05.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Project based learning, Edupreneurship, Students' curiosity, Learning outcomes
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:38
Last Modified: 08 Dec 2022 02:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13640

Actions (login required)

View Item
View Item