Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada model pembelajaran discovery learning

Ilya Mukhlishah (2022) Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada model pembelajaran discovery learning. Islamic Elementary Education Journal (IEEJ), 1 (1): 4. pp. 45-58. ISSN 2830-3792

[thumbnail of Jurnal_Ilya_STAI Al Anwar Sarang_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ilya_STAI Al Anwar Sarang_2022.pdf - Published Version

Download (664kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V MIN 1 Rembang yang berjumlah 67 siswa yang terdiri dari 31 laki-laki dan 36 perempuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas V A dan V C dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Data dalam penelitian ini berupa tes yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan model discovery learning, serta wawancara dan dokumentasi untuk memperkuat tes dan observasi model discovery learning. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan adanya perbedaan hasil rata-rata pada pembelajaran tematik dengan discovery learning di kelas VA dan VC.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Critical thinking skills, Model discovery learning
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:35
Last Modified: 08 Dec 2022 02:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13639

Actions (login required)

View Item
View Item