Vica Luthfiatun Nisrina (2022) Konsep pendidikan menurut Mahmud Yunus dalam kitab At-Tarbiyatu wa At Ta’limu dan implikasinya terhadap kurikulum 2013. Islamic Elementary Education Journal (IEEJ), 1 (1): 2. pp. 17-36. ISSN 2830-3792
Jurnal_Vica_STAI Al Anwar Sarang_2022.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran Mahmud Yunus yang masih jarang dikenal oleh mahasiswa, khususnya dalam bidang pendidikan dan implikasinya terhadap Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif analisis kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka atau (library research). Sumber data yang diambil dari sumber primer adalah kitab At-Tarbiyatu wa At-Ta’līmu karya Mahmud Yunus dan dokumen kurikulum 2013. Sumber sekunder diambil dari literatur yang berkaitan dengan tema yang peneliti ambil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada relevansi antara konsep pendidikan Mahmud Yunus dalam kitab At-Tarbiyatu Wa Atta’līmu dengan Kurikulum 2013. Dalam KI-1 memang tidak ditemukan kecocokan secara eksplisit dengan kitab At-Tarbiyatu Wa Atta’līmu, namun menurut pandangan Mahmud Yunus tujuan pendidikan secara global adalah bahagia di dunia maupun di akhirat, kebahagiaan tersebut dapat diraih dengan cara beribadah seperti yang tecangkup dalam KI-1 Kompetensi Spiritual. KI-2 Sosial berhubungan dengan konsep tujuan pendidikan memperbaiki akhlak, KI-3 Pengetahuan berhubungan dengan konsep mencari ilmu, KI-4 keterampilan berhubungan dengan konsep tujuan pendidikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | The concept of education, Mahmud Yunus, Kitab At-Tarbiyatu Wa Atta'līmu, Curriculum 2013 |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 07:44 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 09:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13636 |