Penerapan aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran mengenal bilangan pada siswa tunagrahita

Sri, Hartini and Teuku, Afriliansyah and Meri, Hari Yanni (2022) Penerapan aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran mengenal bilangan pada siswa tunagrahita. Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 1 (1): 4. pp. 31-38. ISSN 2829-9000

[thumbnail of Jurnal_Sri Hartini_STKIP Bumi Persada Lhokseumawe_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sri Hartini_STKIP Bumi Persada Lhokseumawe_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penerapan aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran mengenal bilangan adalah pembelajaran yang bertujuan mendorong peserta didik untuk belajar lebih menarik dengan pengenalan bilangan dalam bentuk kebun bilangan yang disajikan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran mengenal bilangan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini (1) bagaimana hasil belajar siswa? (2) bagaimana perbedaan hasil belajar menggunakan pembelajaran dengan menerapkan aplikasi multimedia dengan pembelajaran konvensional?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita SLB Negeri Bina Bangsa Syamtalira Aron. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan pengolahan data menggunakan uji-t dan persentase. Dari hasil penelitian dapat (1) Hasil belajar siswa secara individual tuntas dengan KKM 65 dan secara klasikal 86,67% dinyatakan tuntas. (2) Hasil statistik uji-t pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,5 > 2,48, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan aplikasi multimedia lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensial pada materi mengenal bilangan di kelas siswa tunagrahita SLB Negeri Bina Bangsa Syamtalira Aron.

Kata kunci:

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tunagrahita, Kuasi eksperimen, Bilangan
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:09
Last Modified: 06 Dec 2022 04:09
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item
View Item