Mengajar teks narasi lisan menggunakan film animasi untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa

Maizuhra, Maizuhra and Nurmaida, Nurmaida and Helmiyadi, Helmiyadi (2022) Mengajar teks narasi lisan menggunakan film animasi untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 1 (1). pp. 20-30. ISSN 2829-9000

[thumbnail of Jurnal_Maizuhra_STKIP Bumi Persada Lhokseumawe_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Maizuhra_STKIP Bumi Persada Lhokseumawe_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media film animasi yang berkaitan dengan cerita kehidupan sehari-hari dapat memotivasi siswa SMP Negeri 8 Lhokseumawe dalam menulis teks narasi lisan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, tes menulis teks narasi lisan menggunakan media film animasi dan angket siswa digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Angket ini digunakan untuk menilai materi yang diberikan ditinjau dari pemahaman dan pandangan siswa terhadap film animasi dalam menulis teks narasi lisan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Lhokseumawe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan menulis setelah posttest II yaitu menulis menggunakan media menonton film animasi, sebelum menonton film animasi yaitu pada pre-test, siswa masih kurang pandai menulis (60,2). Kemudian Dilakukan Post-Test I setelah diberikan contoh teks narasi berbentuk sebuah cerita kisah kehidupan sehari-hari pada lembar materi, dan mulai meningkat (75,1). Lalu diberikan skor post-test ii dengan teknik menonton film animasi untuk memotifasi siswa dalam menulis teks narasi lisan hingga dapat meningkat (82,7) dan pada tes menulis teks narasi lisan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Lhokseumawe termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dimungkinkan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis teks narasi dengan media menonton film animasi sehingga siswa dapat menemukan ide dan imajinasi untuk menulis teks narasi lisan. Dengan demikian, pembelajaran teks narasi lisan menggunakan film animasi untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di SMP Negeri 8 Lhokseumawe perlu diterapkan oleh guru lain dan sangat cocok digunakan oleh siswa.

Kata Kunci: Teks narasi Lisan, Film animasi, Menulis, SMP

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teks Narasi Lisan, Film Animasi, Menulis, SMP
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:18
Last Modified: 06 Dec 2022 03:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13593

Actions (login required)

View Item
View Item