Fitri, Nurkholis and Maulida, Fitria and M, Iqbal Fadilah and Ela, Isnani Munawwaroh (2022) Korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah An-Najah Petaling. Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2 (1): 5. pp. 50-57. ISSN 2809-3186
Jurnal_Fitri Nurkholis_IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (306kB) | Preview
Abstract
Keberhasilan dari setiap proses kegiatan pembelajaran juga akan ikut dipengaruhi dari berbagai macam faktor, diantaranya yakni internal serta eksternal dari subjek belajar. Minat merupakan suatu perasaaan yang berkaitan dengan setiap hal maupun kegiatan dengan tidak harus diberikan perintah. Jika siswa tak mempunyai minat serta perhatian yang cukup besar pada suatu objek yang hendak mereka pelajari, tentu akan mempersulit setiap harapan dari guru agar siswa bisa menjadi tekun serta memperoleh hasil belajar yang baik. Begitupun dalam pembelajaran bahasa Arab, rendahnya motivasi dan minat belajar saat belajar menggunakan bahasa Arab pun dapat menenjadi suatu penghambat keberhasilan dalam mempelajari bahasa Arab. Jika hal tersebut terjadi dalam minat belajar siswa untuk berbahasa arab, tentu ini akan memberikan dampak terhadap kesukaran siswa dalam belajar berbahasa Arab. Hasil dari penelitian kali ini memperlihatkan tidak adanya hubungan atau kaitan yang signifikan dari minat belajar dengan prestasi siswa ketika belajar bahasa Arab, yakni diperoleh nilai sig sebesar 0,126 > 0,05 dengan nilai (R square : 5%) lalu selebihnya yakni 95% dipengaruhi dari beberapa faktor yang lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korelasi, Minat belajar, Hasil belajar |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 03:21 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 03:21 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13583 |