Aisyah, Tresnanda and Asep, Asep Sunarko and Rifqi, Aulia Rahman (2022) Penggunaan model pembelajaran teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan maharah kitabah siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2 (1): 3. pp. 34-43. ISSN 2809-3186
Jurnal_Aisyah Tresnanda_Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (397kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab khususnya Maharah Kitabah di SMP Takhassus Al-Qur’an menggunakan model pembelajaran konvensional. Tetapi, saat proses pemelajaran berlangsung masih banyak siswa yang pasif, bosan, dan masih banyak siswa yang menganggap pembelajaran Maharah Kitabah termasuk pelajaran yang sulit. Oleh sebab itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang bervariasi dan menarik. Dengan harapan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat menjadi solusinya.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent control group yang dilaksanakan di SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 56 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Dalam metode menggunakan tes, kelompok eksperimen dan kontrol diberikan tes tertulis berupa pretest di awal dan postest di akhir. Kemudian hasilnya dianalisis menggunakan uji N-gain dan uji t-test untuk mengetahui perbandingan dan perbedaan kemampuan Maharah Kitabah antara dua kelompok tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran Maharah Kitabah dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) di SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber; 2) terdapat peningkatan kemampuan Maharah Kitabah antara kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 0,61 yang termasuk dalam kategori sedang.; 3) adanya perbedaan kelompok eksperimen dan kontrol dengan thitung 8,299 > ttabel 2.003 Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Teams games tournament (TGT), Maharah kitabah |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 04:00 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 04:00 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13581 |