Strategi peningkatan pemahaman bacaan bahasa Arab melalui program hafalan mufrodat di MA Al Jauhar kelas X A (IPA) putri

Mustolikh Khabibul Umam (2022) Strategi peningkatan pemahaman bacaan bahasa Arab melalui program hafalan mufrodat di MA Al Jauhar kelas X A (IPA) putri. Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2 (1): 1. pp. 1-17. ISSN 2809-3186

[thumbnail of Jurnal_Mustolikh Khabibul Umam_Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Mustolikh Khabibul Umam_Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (541kB) | Preview

Abstract

Penguasaan mufradat merupakan salah satu komponen dasar untuk menguasai bahasa Arab sebagai bahasa asing di tingkat dasar, menengah, dan lanjutan. Mufradat adalah salah satu komponen dasar yang harus dikuasai. Semakin banyak siswa menguasai mufradat maka akan lebih baik penguasaan bahasa Arabnya dan semakin terbatas mufrodat yang dikuasai maka siswa juga akan menemukan kesulitan dalam menguasai keterampilan memahami, membaca, mendengarkan dan lainnya. Penguasaan mufradat yang baik dapat diartikan dengan siswa memiliki kemampuan dalam memahami dan menggunakan mufradat, penguasaan mufradat itu sendiri berkaitan dengan kata-kata dan makna. Oleh sebab itu, peneliti berupaya melakukan penelitian terkait penguasaan mufrodat pada lembaga pendidikan formal MA Al-Jauhar kelas X A (IPA) putri pada mata pelajaran Bahasa Arab. Jenis penelitian yang peneliti pakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam hal ini peneliti terjun langsung sebagai pendidik dalam pembelajaran menggunakan program hafalan mufrodat di MA Al Jauhar kelas X A (IPA) putri.Penelitian jenis ini sendiri merupakan penelitian tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas proses, dalam hal ini pengertian kelas tidak terbatas pada tempat dinding kelas atau ruang kelas, tetapi lebih pada adanya aktifitas belajar dua orang atau lebih peserta didik. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas X A (IPA) putri yang berjumlah 30 siswa. Hasil rata-rata kelas dari pre test adalah 67 dengan kategori kurang dari nilai KKM, kemudian rata-rata post test meningkat menjadi 80,3 dengan kategori baik. Jika dilihat dari keaktifan siswa dan hasil pre test dan post test semakin baik maka dapat disimpulkan bahwa hafalan mufrodat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa jika disajikan teks bahasa Arab.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Mufrodat, Pemahaman bacaan
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:28
Last Modified: 06 Dec 2022 03:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13579

Actions (login required)

View Item
View Item