Nur Khoirun Nisa and M. Thaib Rizki (2021) Integrasi kaidah imla’ dan tajwid dalam kemampuan menulis bahasa Arab. Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1 (2): 5. pp. 49-57. ISSN 2809-3186
Jurnal_Nur Khoirun Nisa_IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran dengan mengintegrasikan kaidah imla’ dan tajwid dapat dijadikan salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab khususnya dalam keterampilan menulis. Hal ini disebabkan bahwa antara tajwid dan imla’ memusatkan fokus yang sama; lebih banyak menulis dan mendengarkan. Akan tetapi, namun dalam tajwid fokus mendengarkan dan memperhatikan lebih dahulu sebelum menulis.Tujuan dari menulis dengan mengintegrasikan imla’ dan tajwid ini ialah melatih pelajar dalam menulis huruf dan kata secara benar sesuai kaidah bahasa Arab asli, Mengarahkan pelajar menggunakan indera pendengarannya secara maksimal. Imla’ juga terbagi menjadi menjadi empat jenis yaitu, imla’ manqul, imla’ istima’iy, imla’ mandhur, imla’ ikhtibary. Keempat jenis imla’ ini terdapat caranya tersendiri, hasil akhir yang diharapkan dari integrasi imla dan tajwid ialah: (1) Melatih pelajar dalam menulis huruf dan kata secara benar sesuai kaidah bahasa Arab asli. (2) Membantu pelajar secara lebih yang mengalami kesulitan dalam menulis imla’.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Imla dan tajwid,Pembelajaran bahasa Arab, Kemampuan menulis |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 03:19 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 03:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13577 |