Analisis semiotik komodifikasi kemiskinan dalam Reality Show “Uang Kaget” Episode 482 di GTV

Bayu Satyayoga Purwidyasmara and Widhihatmini (2022) Analisis semiotik komodifikasi kemiskinan dalam Reality Show “Uang Kaget” Episode 482 di GTV. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 6 (1): 3. pp. 31-52. ISSN p-ISSN 2614-1272, e-ISSN 2720-9857

[thumbnail of 6_1_2022_31-52_2614-1272-3.pdf]
Preview
Text
6_1_2022_31-52_2614-1272-3.pdf

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 6_1_2022_31-52_2614-1272-3.pdf]
Preview
Text
6_1_2022_31-52_2614-1272-3.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya reality show yang bertemakan kemiskinan mengandung praktek komodifikasi yang memanipulasi tayangan menjadi bentuk komoditas yang dikonsumsi oleh pemirsanya. Praktek tersebut membentuk kemiskinan menjadi komoditas yang dieksploitasi untuk kepentingan industri media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komodifikasi kemiskinan dalam reality show “Uang Kaget” episode 482. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, dianalisis menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan adanya komodifikasi konten kemiskinan pada visualisasi kondisi pangan, sandang, papan, kesehatan, dan pendidikan dalam reality show “Uang Kaget” episode 482. Unsur-unsur kemiskinan sangat mendominasi pada setiap segmen acara dengan menampilkan realitas secara manipulatif sehingga terlihat mendekati realita yang sebenarnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengambil kebijakan terkait konten reality show; kreator produksi acara televisi untuk memberikan informasi yang lebih mendidik, menghibur, dan kreatif; pengelola program televisi sebagai bahan acuan bagi penentu kebijakan media; pemirsa untuk berperan serta mengawasi tayangan yang mengandung komodifikasi: dan masyarakat agar lebih selektif dalam mengapresiasi tayangan televisi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Commodification, poverty, reality show, Peirce's semiotics
Subjects: Communication > Communication & Information Theory
Depositing User: - siti Elly
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:32
Last Modified: 05 Dec 2022 04:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13556

Actions (login required)

View Item
View Item