Semiotika kampanye politik melalui papan reklame

Muhammad Fadeli and Tira Fitria Wardhani and Andri Setiawan Semiotika kampanye politik melalui papan reklame. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 6 (1): 2. pp. 14-30. ISSN p-ISSN 2614-1272, e-ISSN 2720-9857

[thumbnail of 6_1_2022_14-30_2614-1272-2.pdf]
Preview
Text
6_1_2022_14-30_2614-1272-2.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Tahun 2020 adalah tahun politik bagi warga Kota Surabaya, adanya kontestasi pemilihan walikota dan wakil walikota pada tanggal 9 Desember 2020. Pemilihan walikota dan wakil walikota Surabaya 2020 sangat menarik untuk dikaji karena terpilihnya dua kandidat potensial dari koalisi partai besar di Surabaya. Pasangan nomor urut satu Ery Cahyadi dan Armuji yang bersaing dengan nomor urut dua Machfud Arifin dan Mujiaman. Walaupun teknologi sudah canggih, papan reklame masih menjadi pilihan media kampanye. Hal ini dilakukan untuk menjangkau masyarakat luas khususnya pengguna jalan raya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna pesan yang terkandung pada papan reklame iklan kampanye politik dua kandidat calon walikota dan wakil walikota Surabaya 2020. Penelitian ini berlandasan teori semiotika Roland Barthes dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan selama bulan November 2020 melalui dokumentasi papan reklame di jalan protokol Kota Surabaya dan melakukan pengamatan pada dua papan reklame berdasarkan teori semiotika Roland Barthes. Semiotika yang muncul dalam kampanye kedua pasangan telah ditemukannya adanya hubungan penanda dan petanda yang menjelaskan secara nyata tatanan denonatif, kemudian terdapat pula interaksi antara tanda dengan perasaan emosi pembaca, serta nilai-nilai kebudayaan yang membawa ke tatanan konotatif sehingga ditemukannya sebuah makna tersendiri yang terdapat pada setiap versi iklan. Penonjolan tanda dan gambar menunjukkan performa, eksistensi, kompetensi, relasi, dan kepedulian pasangan calon walikota dan wakil walikota Surabaya. Baliho menjadi medium exposure tercepat ketika masyarakatnya secara literasi politik masih terikat dengan preferensi yang atributif ketimbang yang berbasis ide dan gagasan serta inovasi program kerja politik terutama melalui ruang maya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Semiotics, billboards, mayor election, political campaign
Subjects: Communication > Communication & Information Theory
Depositing User: - siti Elly
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:27
Last Modified: 05 Dec 2022 04:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13549

Actions (login required)

View Item
View Item