Analisis strategi kreatif konten promosi usaha foodies melalui media sosial Instagram

Muhammad, Atha Ramaputra and Subhan, Afifi (2021) Analisis strategi kreatif konten promosi usaha foodies melalui media sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5 (2): 2. pp. 16-35. ISSN p-ISSN 2614-1272, e-ISSN 2720-9857

[thumbnail of 5_2_2021_16-35_2614-1272-2.pdf]
Preview
Text
5_2_2021_16-35_2614-1272-2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya promosi industri kuliner di media sosial telah memunculkan banyak profesi kreatif baru yang sebelumnya tidak begitu dikenal, seperti Food Blogger, Food Vlogger, Food Stylist, Food Photographer dan Foodies. Foodies merupakan sebutan bagi orang yang aktif membuat ulasan tentang dunia kuliner dalam bentuk tulisan, foto, atau video dipublikasikan di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kreatif konten promosi usaha Foodies di media sosial instagram. Kerangka konseptual yang digunakan diantaranya adalah konsep tentang strategi kreatif konten promosi, endorsement dan edukasi publik berbasis budaya lokal di media sosial. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode studi kasus (case study) pada usaha Foodies @BroSisPKU di kota Pekanbaru, Riau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam kepada informan dan observasi aktivitas komunikasi pemasaran. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi-penarikan kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan strategi kreatif konten promosi usaha Foodies @BroSisPKU dimulai dari proses perencanaan, implementasi dan evaluasi. Proses perencanaan terdiri dari creative brief, pengembangan ide kreatif dan pemilihan platform Media Sosial. Strategi kreatif konten promosi yang diimplementasikan adalah pengembangan konten endorsement dan entertainment, edukasi publik dengan konten budaya lokal dan mengembangkan konten human interest. Keberadaan tim kreatif yang solid dengan sistem perencanaan dan eksekusi program promosi yang baik menjadi faktor pendukung keberhasilan strategi. Selain itu kredibilitas dan reputasi brand yang baik serta fasilitas produksi konten media sosial yang cukup lengkap menjadi faktor pendukung keberhasilan. Di sisi lain, munculnya kompetitor usaha sejenis bidang Foodies dan situasi Pandemi Covid-19, menjadi tantangan tersendiri dalam implementasi strategi kreatif konten promosi tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Creative strategy, Endorsement, Foodies, Local culture
Subjects: Communication > Communication & Information Theory
Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - siti Elly
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:15
Last Modified: 30 Nov 2022 04:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13530

Actions (login required)

View Item
View Item