Manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa

Abdul, Rahim (2022) Manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Journal of educational research, 1 (1): 10. pp. 181-202. ISSN 2962-7664 (In Press)

[thumbnail of Journal of Educational Research,Abdul Rahim,UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.pdf]
Preview
Text
Journal of Educational Research,Abdul Rahim,UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Artikel ini membahas tentang manajemen Kepala Madrasah Swasta Nurul Iman Kota Jambi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Persoalan utama yang dikaji adalah mengapa manajemen Kepala Madrasah belum mampu meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Swasta Nurul Iman Kota Jambi? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengungkapkan, menemukan dan menggali informasi tentang manajemen Kepala Madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menemukan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa di MTs Swasta Nurul Iman Kota Jambi belum dikelola secara optimal karena keterbatasan anggaran dan lemahnya kecakapan pembina dalam mengimplementasikan program peningkatan prestasi belajar yang ada. Namun demikian, tetap ada faktor pendukung bagi Kepala Sekolah dalam mengembangkan prestasi belajar siswa, misalnya adanya sistem keterbukaan di antara warga sekolah dalam membina prestasi belajar serta adanya program yang fokus pada prestasi belajar tertentu. Sedangkan kendala yang ditemui adalah kompensasi kerja guru yang masih rendah, disiplin pembina masih lemah, dan komunikasi antar personal pembina-Kepala Sekolah masih belum efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepala sekolah, Manajemen kepala sekolah, Siswa, Prestasi belajar siswa, Kepemimpinan kepala sekolah
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Yayan Sofyan
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:58
Last Modified: 30 Nov 2022 02:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13527

Actions (login required)

View Item
View Item