Herlina, Herlina (2022) Kompetensi pedagogik guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran di taman kanak-kanak. Journal of educational research, 1 (1): 7. pp. 123-136. ISSN 2962-7664
Journal of Educational Research,Herlina,UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.pdf
Download (656kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, upaya yang mereka lakukan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, dan mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung bagi Guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran di taman kanak-kanak Insan Kamil Kecamatan Sekernan. Penelitianini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya indikator kompetensi pedagogik yang belum terpenuhi antara lain; rencana pembelajaran namun masih belum sempurna, pelaksanaan pembelajaran yang masih belum selaras dengan RPPH, dan tidak adanya penilaian terhadap perkembangan anak. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi pedagodik antara lain; (1) melanjutkan pendidikan kejenjang S1 PAUD, (2) mengikuti pelatihan, Diklat berjenjang GTK PAUD, (3) Mengikuti pertemuan di PKG PAUD, (4) Bekerja sama untuk membuat RPP. Adapun faktor pendukung peningkatan kompetensi pedagogik guru antaralain; tersedia sarana dan prasarana, latar belakang atau usia peserta, dan kreatifitas guru.Sedangkan faktor penghambatnya berupa; kompetensi pedagogik guru yang masih rendah dan kemampuan anak yang berbeda-beda.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi guru, Kompetensi pedagogik, Perencanaan pembelajaran, Pembelajaran TK |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Yayan Sofyan |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 03:13 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 03:13 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13524 |