Pengaruh kualitas akun Twitter @Aeribase terhadap kepuasan pengguna

Aliffah Faradilla Imansari and Bambang Sujarwadi (2021) Pengaruh kualitas akun Twitter @Aeribase terhadap kepuasan pengguna. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi 15-23, 5 (1): 2. pp. 15-23. ISSN p-ISSN 2614-1272, e-ISSN 2720-9857

[thumbnail of 5_1_2021_15-23_2614-1272-2.pdf]
Preview
Text
5_1_2021_15-23_2614-1272-2.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Twitter merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang muncul dengan berbagai fitur.Twitter memungkinkan para pengguna untuk bertukar pesan dan pendapat secara bebas, berbagi foto dan video hingga membentuk jaringan komunitas. Penggunaan jejaring sosial Twitter juga tengah digandrungi di Indonesia, hal ini membuat para pengelola akun Twitter berkompetisi untuk meningkatkan kualitas akun Twitternya guna menarik minat pengguna lebih banyak lagi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas akun Twitter @ aeribase berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan konsep MAIN (Modality, Agency, Interactivity dan Navigability) serta teori uses and gratifications. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut atau followers akun Twitter @aeribase yang tidak diketahui atau tak terhingga jumlahnya, sehingga pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling melalui kriteria tertentu, yaitu anggota sampel merupakan pengguna akun Twitter @aeribase. Jumlah anggota sampel sebanyak 96 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan peranti lunak SPSS 20.00 for windows. Hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan kualitas akun Twitter memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 73%, sedangkan sisanya 27% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media quality, Social media, Twitter, User satisfaction, Uses and gratifications
Subjects: Communication
Administration & Management
Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies
Depositing User: - siti Elly
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:52
Last Modified: 28 Nov 2022 08:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13479

Actions (login required)

View Item
View Item