Raden, Dedi Gunawan (2022) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural. Journal of Educational Research, 1 (1): 2. pp. 23-40. ISSN 2962-7664
Journal of Educational Research,Raden Dedi Gunawan,UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.pdf
Download (765kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan teknik pengumpulam data purposive sampling. Hasil penellitian yang ditemukan antara lain:(a) pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural sebagian belum terlaksana dengan baik dan belum memiliki kurikulum tetap yang terkait dengan nilai-nilai pendidikan multikultural., (b) kondisi yang berpotensi menghambat terealisasinya nilai-nilai pendidikan multikultural adalah dengan adanya kendala yang dihadapi guru dengan adanya keragaman agama, suku dan ras di SMAN 1 Kota Jambi, (c) strategi yang dilaksanakan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural adalah dengan memberikan materi pembelajaran yang dikaitkan dengan nilai-nilai pendidikan multikultural dan memberikan nasihat serta arahan pada kegiatan siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pendidikan, Peran guru, Pendidikan agama Islam, Nilai pendidikan multikultural, Toleransi |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Yayan Sofyan |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 09:18 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 09:18 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13461 |