Dewi, Robbi Anti and Siska, Andriani and Haris, Budiman (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII Mts Mathla’ul Anwar Panjang. Journal of Mathematics Education and Science, 5 (2): 1. pp. 87-92. ISSN 2621-1203
Jurnal_Dewi_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022_05028792.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (278kB) | Preview
Jurnal_Dewi_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022_05028792.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (278kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Panjang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen, menggunakan metode quasy experimental design dengan penelitian factorial 2 x 3. Sampel yang digunakan sebanyak 34 peserta didik yang diambil dengan teknik acak kelas. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep siswa dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji barlett. Uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama.Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisi variansi dua jalan sel tak sama diperoleh
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inside Outside Circle (IOC), Motivasi belajar, Pemahaman konsep |
Subjects: | Administration & Management Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Diana Permata Sari |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 06:04 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 06:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13451 |