High-fidelity simulation dan debriefing sebagai model peningkatan interprofessional collaboration dalam pendidikan keperawatan

Hery Wibowo (2020) High-fidelity simulation dan debriefing sebagai model peningkatan interprofessional collaboration dalam pendidikan keperawatan. Journal of Nursing Invention, 1 (2): 5. pp. 117-122. ISSN 2828-481X

[thumbnail of Hery Wibowo_Jurnal_ RSUD Balangan _0101117122.pdf]
Preview
Text
Hery Wibowo_Jurnal_ RSUD Balangan _0101117122.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang:Beberapa tahun terakhir traning high-fidelity simulation yang memakai simulasi pasien telah mengambil peranan besar dalam pendidikan keperawatan, dilihat dari segi interprofesi yang melibatkan kolaborasi perawat dan dokter.Tujuan:Mengetahui keefektifan penggunaanteknik debriefing dengan high-fidelity simulation untuk meningkatkan kompetensi interprofessional collaboration dalam pendidikan keperawatan. Metode:Literature review dari berbagai database jurnal online ProQuest, EBSCOhost, kemudian dikelompokkan sesuai dengan temanya dan dianalisis kelebihan serta kekurangan high-fidelity simulation Hasil:Ditemukan kebanyakan penelitian memiliki kekurangan dan kekakuan dalam high-fidelity simulation. Namun, dapat menjadi lebih efektif jika dikolaborasikan dengan metode Debriefing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: High-fidelity simulation, Debriefing, Interprofessional collaboration
Subjects: Urban & Regional Technology & Development > Health Services
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Ludya Arica
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:41
Last Modified: 28 Nov 2022 07:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13444

Actions (login required)

View Item
View Item