Analisis kesalahan siswa dalam penyelesaian soal cerita ditinjau dari tipe kepribadian keirsey

Harvina Nur Zaeny and Sujiran and Dian Ratna Puspanda (2021) Analisis kesalahan siswa dalam penyelesaian soal cerita ditinjau dari tipe kepribadian keirsey. Journal of Mathematics Education and Science, 4 (2): 1. pp. 51-58. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Harvina Nur_IKIP PGRI Bojonegoro_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Harvina Nur_IKIP PGRI Bojonegoro_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mendeskripsikan jenis dan faktor kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Aritmatika Sosial ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey berdasarkan analisis kesalahan Polya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa angket penggolongan tipe kepribadian Keirsey, soal cerita aritmatika sosial dan pedoman wawancara. Teknis analisis data mencakup pengurangan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan memahami masalah dilakukan oleh subjek Artisan, Rational dan Idealist. Pada subjek Artisan dan rational tidak lengkap saat menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Sedangkan subjek Idealist menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal akan tetapi kurang tepat. Kesalahan menyusun rencana dilakukan keempat subjek tipe kepribadian, dimana mereka tidak mampu menyusun langkah penyelesaian dengan tepat. Kesalahan melaksanakan rencana dilakukan keempat subjek tipe kepribadian, dimana subjek Guardian tidak menyelesaikan langkah penyelesaian dan salah dalam perhitungan. Subjek Artisan dan Idealist tidak menuliskan rumus penyelesaian. Sedangkan subjek Rational tidak menuliskan kesimpulan dan rumus pada beberapa langkah penyelesaian. Kesalahan memeriksa kembali dilakukan keempat subjek tipe kepribadian, dimana subjek Guardian, Artisan, Rational dan Idealist memperoleh hasil akhir akan tetapi salah. Subjek Rational pula tidak melakukan perhitungan disaat memeriksa kembali. Sebaliknya subjek Idealist tidak memeriksa kembali penyelesaian yang diperoleh.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Error analysis, social arithmetic, personality type
Subjects: Communication > Communication & Information Theory
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:14
Last Modified: 24 Nov 2022 07:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13417

Actions (login required)

View Item
View Item