Proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 (studi kasus Kota Palu)

Syugiarto, Syugiarto and Ardhi, Syaputra (2022) Proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 (studi kasus Kota Palu). Paradigma: Jurnal Administrasi Publik, 1 (2): 5. pp. 157-164. ISSN 2828-5735

[thumbnail of Jurnal_Syugiarto_STIA Pembangunan Palu_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Syugiarto_STIA Pembangunan Palu_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (243kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari tulisan ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 di Kota Palu. Metode yang digunakan dalam tulisan ini yaitu studi kasus. Adapun data yang digunakan yaitu diperoleh dari sekolah MTs Swasta Muhammadiyah Nunu Palu dan MTs DDI Ujuna Palu. Hasil yang diperoleh dalam tulisan ini yaitu: 1).Terdapat 52 siswa yang tidak dapat mengikuti proses pembelajaran daring (24 siswa di MTs Swasta Muhammadiyah Nunu Palu dan 28 siswa di MTs DDI Ujuna Palu) dikarenakan tidak memiliki akses berupa smartphone dan media sosial; 2). Terdapat 18 guru honorer (10 guru di MTs Swasta Muhammadiyah Nunu Palu dan 8 guru di MTs DDI Ujuna Palu) yang sulit melaksanakan proses pembelajaran daring dikarenakan sumber daya finansial yang sangat terbatas. Untuk permasalahan yang pertama, kedua sekolah tersebut menggunakan opsi berupa memberikan buku serta tugas bagi siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran daring dengan cara mengambilnya di sekolah, tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan.Sedangkan untuk permasalahan yang kedua, hanya dapat diselesaikan oleh Kemenag dengan cara mengikuti kebijakan yang telah dilakukan oleh Kemendikbud terkait pemberian kuota internet bagi guru dan siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pembelajaran daring, Sekolah, Madrasah
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 21 Nov 2022 12:28
Last Modified: 21 Nov 2022 12:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13301

Actions (login required)

View Item
View Item