Pilihan media dalam pembentukan karakter budaya bangsa masyarakat Desa Srumbung, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Sudarman, - (2020) Pilihan media dalam pembentukan karakter budaya bangsa masyarakat Desa Srumbung, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi, 5 (1): 5. pp. 54-67. ISSN 2541-2086

[thumbnail of 5_1_2020_54-67_2541-2086-5.pdf]
Preview
Text
5_1_2020_54-67_2541-2086-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (390kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pilihan media dalam pembentukan karakter budaya bangsa. Berkembangnya media massa adalah bagian yang tidak lepas dari penyumbang pembentukan karakter budaya bangsa. Karakter masyarakat dewasa ini condong pada perilaku yang merusak tatanan kehidupan baik dalam keluarga maupun di masyarakat. Media massa banyak memainkan peran dalam perubahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil pembahasan menunjukkan dari 12 informan, 10 diantaranya menyatakan bahwa media massa yang paling sesuai dalam menanamkan nilai nilai dan pembentukan watak/karakter budaya bangsa adalah media massa televisi konvensional, khususnya TVRI (Televisi Republik Indonesia). Namun demikian media massa seperti televisi swasta nasional maupun televisi lokal juga menjadi konsumsi masyarakat Desa Srumbung. Televisi swasta nasional dan TVRI sama sama memberikan atau menyumbangkan peran dalam pembentukan karakter budaya masyarakat, walaupun caranya berbeda dengan tradisi yang ada atau melalui konstruksi budaya yang ditanamkan oleh TVRI

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pilihan media; media massa; pembentukan karakter; budaya
Subjects: Communication
Communication > Communication & Information Theory
Depositing User: DR Saiful Anwar
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:46
Last Modified: 23 Nov 2022 03:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13287

Actions (login required)

View Item
View Item