Perancangan gim “project electrorace” sebagai media sosialisasi kendaraan listrik untuk mengurangi pencemaran udara

Alvian Gilang Sagita (2020) Perancangan gim “project electrorace” sebagai media sosialisasi kendaraan listrik untuk mengurangi pencemaran udara. Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi, 5 (1): 2. pp. 11-22. ISSN 2541-2086

[thumbnail of 5_1_2020_11-22_2541-2086-2.pdf]
Preview
Text
5_1_2020_11-22_2541-2086-2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil menjadi masalah besar yang dihadapi perkotaan di seluruh dunia. Seiring dengan kemajuan sains dan teknologi muncul terobosan baru yang menjawab solusi transportasi yang efektif dan ramah lingkungan. Contohnya adalah kendaraan listrik. Masih asingnya masyarakat Indonesia dengan kendaraan listrik dan biaya yang mahal membuat mereka enggan untuk beralih karena selain dirasa lebih hemat dari kendaraan listrik, masyarakat sudah lebih terbiasa menggunakan kendaraan konvensional. Gim dapat dijadikan sebagai salah satu media untuk mengenalkan kendaraan listrik, sehingga dibuatlah Gim Project Electrorace. Penciptaan gim dilakukan melalui 3 tahap: pra-poduksi, produksi, dan pasca produksi. Gim ini memuat materi yang berisi pengenalan dasar seputar kendaraan listrik mulai dari jenis, komponen, dan teknologi kendaraan listrik yang disampaikan dengan bentuk teks, visual, dan gameplay. Dalam gim ini, selain untuk menjadi yang tercepat, pemain juga harus dapat memanajemen daya kendaraan agar tidak habis sampai balapan berakhir. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan daya yang berbeda dengan kendaraan pada umumnya. Tingkat kesulitan pada gim ini ditentukan dari kelebihan dan kekurangan dari tiap jenis kendaraan dan lintasan yang pemain pilih. Terdapat 3 jenis kendaraan, yaitu compact, sport, dan racing. Lintasan dibangun dengan referensi perkotaan besar di Indonesia, yakni Jakarta dan Yogyakarta. Hasil uji coba membuktikan bahwa gim Project Electrorace cukup mampu dalam menghadirkan materi seputar kendaraan listrik agar dapat dikenalkan kepada masyarakat awam yang dikemas dengan menggunakan media gim. Kemudian dapat disimpulkan bahwa gim ini telah dapat cukup diterima sebagai media sosialisasi kendaraan listrik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kendaraan listrik, perancangan gim, media pembelajaran
Subjects: Communication
Computers, Control & Information Theory
Computers, Control & Information Theory > Computer Hardware
Depositing User: DR Saiful Anwar
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:29
Last Modified: 24 Nov 2022 02:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13283

Actions (login required)

View Item
View Item