Karakterisasi massa batuan dan evaluasi penyangga pada terowongan eksplorasi uranium di eko remaja Kal-Bar

Zainal, Abidin and Sudarto, Sudarto (1998) Karakterisasi massa batuan dan evaluasi penyangga pada terowongan eksplorasi uranium di eko remaja Kal-Bar. In: Prosiding Seminar Pranata Nuklir dan Litkayasa, PPBGN-BATAN.

[thumbnail of Prosiding_Zainal Abidin_PPBGN_1998.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Zainal Abidin_PPBGN_1998.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Tujuan daripengamatan ini adalah untuk mengetahui karakter massa batuan dan kebutuhan penyangga diterowongan eksplorasi U di Remaja. Karakterisasi batuan dilakukan dengan metoda geomekanik atau RMR (rock mass rating) yang menilai karakter fisik batuan berupa ; kuat tekan uniaxial, RQD, jarak joint, kondisi joint serta kondisi air tanah pada terowongan, dan orientasi umum bidang diskontinu.Dan nilai RMR yang diperoleh dapat ditentukan jenis batuan sekitar terowongan dan kebutuhan penyanggaan agar memenuhi syarat keamanannya .Terowongan eksplorasi Remaja sepanjang 618 meter, melalui tiga zone batuan yaitu; zone 1 (satu) batuan metasilt yang masih segar dengan nilai RMR = 60 termasuk jenis batuan sedang (fair) dan cukup stabil. Zone 2 (dua) batuan meta ampelite yang mudah hancur sepanjang 60 meter dengan nilai RMR = 29 termasuk jenis batuan buruk (poor) dan tidak stabil, pada zone ini terpasang 104 set penyangga dengan jarak 0,58 meter dan berdasarkan perhitungan jarak penyangga 0,6 meter dalam kondisi aman. Zone 3 (tiga) berupa batuan lapuk (weatherd) atau zone oksidasi pada kedua sisi mulut terowongan sepanjang 121 meter dengan nilai RMR = 20 termasuk jenis batuan sangat buruk (very poor), dengan penyangga terpasang sebanyak 2:4 set dengan jarak 0,40 - 0,50 meter, sedangkan jarak menurut pehrtungan adalah 0,55 meter, berarti ini cukup aman.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Galian Nuklir > Teknik Penambangan Bahan Galian Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Galian Nuklir > Teknik Penambangan Bahan Galian Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:39
Last Modified: 23 Nov 2022 03:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13282

Actions (login required)

View Item
View Item