Analisis strategi pengembangan ekonomi kreatif kelompok wanita tani (KWT) cahaya pagi Desa Benteng Palioi Kec. Kindang Kab. Bulukumba

Hera, Fasirah and Dwiyanti, Dwiyanti (2022) Analisis strategi pengembangan ekonomi kreatif kelompok wanita tani (KWT) cahaya pagi Desa Benteng Palioi Kec. Kindang Kab. Bulukumba. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1 (2): 17. pp. 215-230. ISSN 2962-794X

[thumbnail of Penelitian Multidisiplin Ilmu_Hera Fasirah_Universitas Patompo_2022.pdf]
Preview
Text
Penelitian Multidisiplin Ilmu_Hera Fasirah_Universitas Patompo_2022.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengidentifikasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman strategi pengembangan Ekonomi Kreatif menggunakan analisis SWOT; (2) Membuat Rumusan strategi pengembangan usaha ekonomi kreatif pada KWT Cahaya Pagi. Metode untuk penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk menggali atau membangun satu proposi atau menjelaskan makna dibalik realita. Pada metode penelitian kualitatif ini prosedur penelitian yang digunakan yaitu menghasilkan data berupa deskriptif baik dari lisan atau tulisan dan perilaku objek itu sendiri. Subjek pada penelitian ini adalah anggota dari Kelompok Wanita Tani(KWT) Cahaya Pagi. Adapun objek dalam penelitian ini yaitu Keadaan yang ada pada KWT Cahaya Pagi meliputi budaya kelompok, struktur organisasi, dan sumber daya kelompok. Hasil penelitian yaitu berdasarkan identifikasi dan analisisfaktor eksternal dan internal KWT Cahaya Pagi yaitu Growth Strategy. Berbagai alternatif strategi telah dikembangkan melalui beberapa unsur berdasarkan hasil dari analisis SWOT, maka strategi yang cocok untuk pengembangan ekonomi kreatif pada KWT Cahaya Pagi yaitu mengembangkan produk-produk olahan hasil pertanian yang mampu menjadi produk unggulan, kemudian memperluas pasar dengan cara menjalin kerjasama mitraagar jangkauan pemasalan dapat diperluas. Kemudahan mengakses teknologi saat ini dapat dimanfaatkan untuk media promosi, baik melalui sosial media maupun dengan memasarkan produk di market place.

Item Type: Article
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - Yayan Sofyan
Date Deposited: 19 Nov 2022 13:21
Last Modified: 19 Nov 2022 13:21
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13189

Actions (login required)

View Item
View Item