Analisis termal hidraulika pada sistem pendingin primer reaktor daya eksperimental (RDE) bertipe pebble bed HTGR dengan menggunakan Relap5 ViSa

Wijanarko, - and Anwar, Budianto and Topan, Setiadipura (2019) Analisis termal hidraulika pada sistem pendingin primer reaktor daya eksperimental (RDE) bertipe pebble bed HTGR dengan menggunakan Relap5 ViSa. In: Seminar Nasional Infrastruktur Energi Nuklir 2019, 10 Oktober 2019, Pontianak.

[thumbnail of Prosiding_ Wijanarko_STTN_2019.pdf] Text
Prosiding_ Wijanarko_STTN_2019.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (264kB)

Abstract

Pebble Bed High Temperature Gas-Cooled Reactor (HTGR) merupakan jenis reaktor nuklir yang dipromosikan untuk dibangun oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui perencanaan program pembangunan Reaktor Daya Eksperimental (RDE) karena dinilai memiliki sistem keselamatan pasif yang baik dengan desain tahan terhadap kegagalan sistem pendingin termasuk akibat goncangan gempa bumi. Dalam perancangan dan analisis keselamatan RDE dibutuhkan sistem kopling pendingin primer yang dapat menggabungkan komponen teras reaktor, steam generator, dan helium blower. Komponen yang digunakan untuk menghubungkan sistem tersebut adalah hot gas duct sehingga dilakukan pemodelan dan analisis hot gas duct dan helium blower dengan menggunakan tools software RELAP5 ViSA. Dari hasil pemodelan dan analisis tersebut diperoleh parameter-parameter desain hot gas duct dan helium blower berupa laju aliran massa, suhu, tekanan, heat loss, pressure drop, dan laju perpindahan panas helium yang terjadi pada hot gas duct dengan semua nilai galat kurang dari 2%. Selain itu, diperoleh hasil bahwa material fiber insulation (Al₂O₃ 91% dan SiO₂ 9%) dapat mengurangi laju perpindahan panas pada hot gas duct serta material SiO₂ murni merupakan material yang lebih baik dalam mengurangi laju perpindahan panas daripada material Al₂O₃ murni.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Termal Hidraulika, Sistem Pendingin Primer, RDE, Pebble Bed HTGR, RELAP5 ViSA.
Subjects: Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir
Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir
Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir > Pemanfaatan Reaktor > Pembangkitan Listrik Reaktor Daya
Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir > Pemanfaatan Reaktor > Pembangkitan Listrik Reaktor Daya
Divisions: BATAN > Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir
Depositing User: Mrs Hanida -
Date Deposited: 17 Nov 2022 00:21
Last Modified: 17 Nov 2022 00:21
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13182

Actions (login required)

View Item
View Item