Mendesain pembelajaran menarik dengan strategi cooperative learning

Siti, Faikotul Jannah and Ina, Noryani and Siti, Lilik Mas’ulah and Achmad, Fanani (2022) Mendesain pembelajaran menarik dengan strategi cooperative learning. Edu Aksara: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1 (1): 4. pp. 51-60. ISSN 2962-715X

[thumbnail of Jurnal_Siti Faikotul Jannah_SMK Unggulan NU Mojoagung_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Siti Faikotul Jannah_SMK Unggulan NU Mojoagung_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha menganalisa dan menemukan sebuah model pembelajaran yang menarik sehingga suasana belajar mengajar menjadi efektif dan efisien. Strategi cooperative learning dipilih sebagai salah satu strategi yang bisa diterapkan di kelas untuk mengaktifkan peserta didik. Hasil kajian menyimpulkan bahwa strategi cooperative learning bisa mendesain proses pembelajaran lebih menarik karena dalam kegiatan pembelajaran tersebut terdapat timbal balik antar peserta didik satu dengan yang laindan peserta didik dengan guru. Timbal balik ini didasari oleh kerja kelompok antar peserta didik, sehingg mampu menciptakan keaktifan belajar dengan baik. Kerja kelompok sebagai ciri khas dari strategi cooperative learning mampu membentuk kerjasama tim yang solid dan saling bersinergi yang akhirnya bisa menyelesaikan tugas dan problem belajar yang dihadapi. Kemudian, guru bisa memberikan penguatan dan arahan selama proses belajar berlangsung, hal ini menjadikan kegiatan pembelajaran bisa menarik dan berdimensi dua arah.

Kata Kunci: Pembelajaran menarik, Cooperative learning, strategi Pembelajaran

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran menarik, Cooperative learning, Strategi pembelajaran
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:36
Last Modified: 17 Nov 2022 04:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13032

Actions (login required)

View Item
View Item