Prediktor ketinggian gelombang air laut dan kecepatan angin berbasis regresi linear majemuk (studi kasus rute pelayaran Surabaya – Banjarmasin)

Ryan, Yudha Adhitya and Ratna, Budiawati and Mat, Sayi’in and Ismi, Zulaida Ulifah (2022) Prediktor ketinggian gelombang air laut dan kecepatan angin berbasis regresi linear majemuk (studi kasus rute pelayaran Surabaya – Banjarmasin). Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1 (2): 11. pp. 143-150. ISSN 2962-794X

[thumbnail of Penelitian Multidisiplin Ilmu_Ryan Yudha Adhitya_Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya_2022.pdf]
Preview
Text
Penelitian Multidisiplin Ilmu_Ryan Yudha Adhitya_Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya_2022.pdf

Download (628kB) | Preview

Abstract

Syahbandar mengizinkan kapal berlayar merujuk pada prediksi cuaca oleh BMKG (kecepatan angin dan tinggi gelombang). Namun prediksi tersebut masih menggunakan metode perhitungan numerik yang dihasilkan dari rata-rata data cuaca pada banyak posisi di Indonesia sehingga memiliki kelemahan pada persentase keakuratannya.Penelitian ini mendesain dan merealisasikan sistem prediktor kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut menggunakan regresi linear majemuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil prediksi regresi linear majemuk memiliki akurasi sebesar 99,98937%. Hasil prediksi ditampilkan melalui website beserta status pada setiap titik koordinat pada waypoint KM Dharma Kartika IX.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Regresi linear majemuk, Prediktor, Ketinggian gelombang laut, Kecepatan angin.
Subjects: Atmospheric Sciences
Atmospheric Sciences > Physical Meteorology
Depositing User: - Yayan Sofyan
Date Deposited: 24 Nov 2022 08:30
Last Modified: 24 Nov 2022 08:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12974

Actions (login required)

View Item
View Item