Pemanfaatan audio visual dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Haurgeulis

Siti Jubaedah and Abdur Rahim (2022) Pemanfaatan audio visual dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Haurgeulis. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1 (2): 5. pp. 73-82. ISSN 2962-794X

[thumbnail of Penelitian Multidisiplin Ilmu _Siti Jubaedah_Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) Indramayu_2022.pdf]
Preview
Text
Penelitian Multidisiplin Ilmu _Siti Jubaedah_Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) Indramayu_2022.pdf

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Penelitian Multidisiplin Ilmu _Siti Jubaedah_Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) Indramayu_2022.pdf]
Preview
Text
Penelitian Multidisiplin Ilmu _Siti Jubaedah_Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) Indramayu_2022.pdf

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Penelitian Multidisiplin Ilmu _Siti Jubaedah_Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) Indramayu_2022.pdf]
Preview
Text
Penelitian Multidisiplin Ilmu _Siti Jubaedah_Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) Indramayu_2022.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Sejarah Kebudayaan Islam adalah peristiwa yang terjadi pada masa lampau sejak Islam ada sebagai hasil budi daya manusia sejak agama yang diajarkan yang disampaikan oleh Allah SWT kepada umat manusia melalui Rasulnya Nabi Muhammad SAW, pengetahuan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) bertujuan memberikan pengetahuan tentang sejarah agama Islam dan kebudayaan Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaur rasyidin kepada siswa agar mereka memiliki konsep yang objektif dan sistematis dalam perspektif sejarah, mengambil ibrah tentang makna yang terkandung dalam sejarah khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan memanfaatkan media audio visual dalam pembelajarannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sukajati Haurgeulis. Teknik yang digunakan adalah observasi selama proses belajar mengajar, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur. Jadi, hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media audio visual di Madrasah Ibtidaiyah dapat meningkatkan hasil belajar dan prestasi siswa yang diharapkan khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Item Type: Article
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Yayan Sofyan
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:23
Last Modified: 24 Nov 2022 03:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item
View Item