Membangun generasi ihsan berkarakter rabbani sejak anak usia dini

Damayanti (2022) Membangun generasi ihsan berkarakter rabbani sejak anak usia dini. Jurnal Studi Islam dan Pemikiran Islam, 1 (1): 7. pp. 82-101. ISSN 2962-3588

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah banyak mempengaruhi kehidupan sosial,budaya, dan pola pikir peserta didik. Oleh sebab itu penguatan pendidikan karakter penting untuk dimasukkan pada kurikulum pendidikan terutama pada tingkat dasar atau anak usia dini.Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun dan masih dalam tahap menjadi anak-anak. Usia dini merupakan masa yang sangat tepat untuk menambahkan pendidikan karakter kepada peserta didik. Sebab, pada usia dini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa. Karakter sangat erat kaitannya dengan konsep ihsan. Ihsan merupakan pancaran dan buah pendalaman kehidupan beragama dan beriman. Karakter dalam konsep pendidikan Islam mengarahkan peserta didik untuk menjadi insan rabbani, yaitu manusia yang cinta ilmu, suka belajar dan menegakkan amar makruf nahi munkar. Pendidikan dengan karakter rabbani merupakan pendidikan karakter yang menekankan fungsionalisasi sifat-sifat Ketuhanan dalam proses pembelajaran melalui nilai-nilai spiritual, kejujuran, keikhlasan, kasih sayang, toleran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, komunikatif dan lebih mengutamakan penekanan pada aspek afektif (hati). Oleh karena itu penting bagi pendidikan Islam saat ini untuk menciptakan generasi ihsan yang berkarakter rabbani bagi kemajuan bangsa.

Item Type: Article
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Yayan Sofyan
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:58
Last Modified: 24 Nov 2022 07:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12904

Actions (login required)

View Item
View Item