Alaika M., Bagus Kurnia PS (2022) Perangkat pretest membaca Al-Qur’an menggunakan kerangka “just fateha” sebagai strategi penempatan kelas dengan metode Bil Qolam. Jurnal Studi Islam dan Pemikiran Islam, 1 (1): 6. pp. 63-81. ISSN 2962-3588
Full text not available from this repository.Abstract
Belajar membaca Al-Qur’an secara histori memiliki model pembelajaran secara talaqqi. Yaitu seorang guru mentransferkan ilmunya secara langsung berhadap-hadapan dan siswa menirukan bacaan gurunya dengan cara musyafahah. Maksud dari konsep musyafahah sendiri adalah, bentuk pembelajarannya berpusat pada guru. Yaitu guru membaca kemudian siswa menirukan. Hal tersebut diulang-ulang hingga pada akhirnya terciptalah demonstrasi yang dilakukan oleh siswa untuk membaca materinya kembali sebagai evaluasi. Urgensi pretest dalam pembelajaran AlQur’an sangat menentukan kompetensi siswa dalam melangsungkan belajarnya. Salah satu alasannya adalah menentukan sistem penempatan kelas. Penelitian ini hendak mencoba mengembangkan perangkat penilaian pretest membaca Al-Qur’an sebagai strategi penempatan kelas siswa agar penguji dengan mudah menilai dan mengkategorikannya. Sedangkan perangkat pretest yang dikembangkan pada kesempatan ini menggunakan metode Bil Qolam. Perangkat penilaian diberi nama “Just Fateha”, sebab dengan hanya membaca Al-Fatihah saja, penguji mampu mendiagnosa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sampai mana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan perangkat pretest membaca al-Qur’an menggunakan kerangka “Just Fateha” sebagai strategi penempatan kelas dengan metode Bil Qolam telah berhasil dikembangkan dengan kategori baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | - Yayan Sofyan |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 06:53 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 06:53 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/12903 |