Teknik konversi data raw radar cuaca via Matlab

Mario, Batubara (2010) Teknik konversi data raw radar cuaca via Matlab. In: Teknologi pengamatan dan informasi kedirgantaraan. Massma Sikumbang, Jakarta, pp. 23-27.

[thumbnail of Bunga rampai_Mario Batubara_Hal.23-27_2010.pdf]
Preview
Text
Bunga rampai_Mario Batubara_Hal.23-27_2010.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Sampai decade saat ini sudah terhasilkan beberapa jenis radar cuaca dengan berbagai range frekuensi dan berbagai teknologi pendukungnya. Radar cuaca dibangun untuk kegiatan pegamatan atmosfer antara lain pengamatan perilaku atmosfer pada setiap ketinggian (wind observation). Radar cuaca akan menghasilkan beberapa parameter fisis pengamatan seperti kecepatan angin radial target di setiap ketinggian dan setiap arah beam pancaran, power sinyal yang diterima,power noise, dsb. Keseluruhan parameter tersebut kemudian akan disimpan ke dalam media penyimpanan data secara real time. Data-data yang tersimpan dalam media penyimpanan disimpan dalam bentuk file machine code-ninary code (raw radar data) untuk mengefisienkan proses penyimpanan data ke dalam media penyimpanan. Dari beberapa parameter fisis pengamatan yang dihasilkan oleh radar cuaca, parameter yang terpenting adalah kecepatan radial target disetiap beam pancaran. Untuk dapat mengolah data radar yang tersimpan dalam media penyimpanan data, maka perlu dilakukan proses konversi data raw menjadi data yang sudah dapat diolah. Oleh karena itu, di dalam paper ini akan dijelaskan mengenai teknik pengolahan data raw radar menjadi data yang sudah dapat diolah untuk keperluan penelitian lebih lanjut. Adapun media software yang digunakan dalam teknik ini adalah software Matlab.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: data raw radar, machine code, konversi machine code
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Teknologi Pengamatan Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 08 Nov 2022 05:00
Last Modified: 08 Nov 2022 05:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12840

Actions (login required)

View Item
View Item